Extrakurikuler PKS Tamka 2018-2019

Senin, 07 Januari 2019 14:36 1106 Fajar Bayu Ekstrakurikuler


"Extrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah SMK Tamtama Karanganyar"


     PKS adalah kependekan dari Patroli Keamanan Sekolah jika kita mendengar kata Patroli, tentunya kita teringat tugas-tugas pengawasan daerah sesuai dengan perincian tugas yang dibebankannya, Misalnya Patroli Jalan Raya (PJR) adalah patroli Polisi Lalu Lintas yang tugasnya mengadakan pengawasan keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas sepanjang jalan tersebut. Begitu pula PKS tidak jauh beda tugasnya dengan PJR tetapi yang membedakannya adalah ruang lingkup tugasnya, PJR bertugas di sepanjang jalan raya sedangkan PKS di lingkungan sekolah serta jalan menuju ke sekolah.

     Didasarkan oleh rasa memiliki terhadap sekolah di dalam menjaga ketertiban dan keamanannnya, maka para pelajar mewujudkan hal tersebut ke dalam suatu wadah organisasi guna mempermudah pengkoodinasiannya. Pada tahun 2014 tepatnya 15 Oktober 2014 SMK Tamtama Karanganyar membentuk sebuah organisasi keamanan di sekolah yaitu Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMK Tamtama Karanganyar yang mana anggota PKS terdiri dari siswa dan siswi yang terpilih dari hasil seleksi. Tugas PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

     PKS juga dapat bertugas di tempat-tempat lain yang sedang melaksanakan kegiatan sekolah, umpamanya pada saat kegiatan Pagelaran, menyambut perayaan hari-hari besar dan kegiatan lainnya. Walaupun semata-mata PKS bertugas untuk kawan-kawan sesekolahnya, dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain. Orang lanjut usia atau siapa saja yang ada di tempat itu dan memerlukan pertolongan, bahkan anggota PKS pun bisa membantu tugas para Polisi yang ada di jalan.S

"Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya dalam mengikuti organisasi PKS di SMK Tamtama Karanganayar banyak pengalaman berharga yang saya dapat diantaranya banyak teman, tambah ilmu dalam lalulintas, disiplin waktu, tegas dalam memimpin, menjadi percaya diri, dan masih banyak lainnya". Ujar Ketua PKS Angkatan 4 Yesi Yulianti.

Author

Fajar Bayu

Guru Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan, Pembina Ekstrakurikuler PKS dan Bola Basket, Content maker web smktamtamaka.

Comments

PKS Angkatan 1
Sabtu, 19 Januari 2019 21:45
Reply

Jaya terus PKS Tamka. Jaya terus smktamtamaka

Tinggalkan Komentar