Pagelaran Seni Budaya Tahun Pelajaran 2018

Kamis, 14 Juni 2018 00:19 858 Rully Syaiful Akbar, S.Pd., Gr. Kurikulum


"PAGELARAN SENI BUDAYA ASAH KREATIFITAS SISWA"


     KARANGANYAR (12/05/18)—SMK Tamtama Karanganyar melaksanakan kegiatan pagelaran seni budaya untuk kelas 10 dan kelas 11. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan tugas akhir mata pelajaran seni budaya yang wajib mereka ikuti.Pagelaran seni dibuka langsung oleh Kepala Sekolah, Bapak Susilo Utomo yang dalam sambutannya mengatakan, “kegiatan ini adalah wadah untuk menyalurkan kreatifitas siswa.

     Kegiatan ini juga merupakan ajang buat kalian untuk berekspresi , dan jangan malu-malu untuk mengeksresikan seni yang kalian punya. Jangan sia-siakan kesempatan kalian untuk membuktikan bahwa kalian mampu dan bisa mengekspresikan seni.”Kegiatan ini dimulai hari Sabtu (12/05/18) dengan peserta nya siswa kelas 10. Kegiatan ini menampilkan seni paduan suara, seni tari, dan seni musik. Berbagai persiapan mereka lakukan mulai dari latihan sampai gladi bersih yang dilaksanakan satu hari sebelumnya.

     Antusiasme para penonton pun terlihat saat kelompok padus menyanyikan lagu “Mars Tamtama” dan lagu bebas. Dari seni tari terlihat sekali beraneka ragam jenis tarian yang mereka tampilkan. Dari tari tradisional, modern ataupun campuran. Menariknya disini ada sekelompok siswa yang menampilkan seni tari yang mulai punah yaitu seni tari ebleg. Seni ebleg ini menarik para penonton yang memang sudah jarang dilihat di masyarakat.“ kami bangga menampilkan seni ebleg ini, karna ini sebagai wujud kecintaan kami terhadap seni daerah,” ungkap salah satu penari.

 

     Kegiatan hari ini ditutup dengan penampilan seni musik mulai dari seni angklung, band, hadroh, dan lain-lainya.Senin (14/05/18)—pagelaran kali ini menampilkan seni yang akan diikuti oleh siswa kelas 11. Sama seperti hari sebelumnya, kegiatan ini juga diisi dengan penampilan seni paduan suara, seni tari, dan seni musik. Yang menarik dalam pagelaran kali ini ada seni gamelan yang ditampilkan oleh siswa 11 AK 3. Ini merupakan kebanggaan yang luar biasa dan sangat mengapresiasi kepada mereka yang mau belajar seni budaya yang pada dasarnya jarang disukai oleh anak-anak. Kegiatan pagelaran ini diakhiri dengan pengumuman pemenang yang terbaik dalam pementasan pegelaran seni budaya tahun ini.

Author

Rully Syaiful Akbar, S.Pd., Gr.

Guru Bahasa Inggris, Seni Budaya, Dasar Desain Grafis, dan Sistem Komputer. Pembina Paduan Suara, Admin Web dan Media Publikasi SMK Tamtama Karanganyar.

Comments

Tinggalkan Komentar