Pelatihan & Sertifikasi Anti Money Loundry

Sabtu, 13 Februari 2021 14:11 255 Syaifull Rully Pendidikan


"Dr. H Sudiharto, SH, MH, CRBD, CRBC, CMR, Adv, CM isi pelatihan bidang perbankan"


Pelatihan dan Sertifikasi Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme

(APU dan PPT)

Kerjasama SMK Tamtama Karanganyar dengan PT IPENDA

 

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan tentang Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT), SMK Tamtama Karanganyar-Kebumen menyelenggarakan seminar Pelatihan dan Sertifikasi Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT). Sabtu (13/02/2021) bertempat di Aula SMK Tamtama Karanganyar-Kebumen.

Seminar di ikuti 114 siswa kelas XII Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Tamtama Karanganyar-Kebumen. Acara ini dibuka oleh Amir Soleh, S.Pd selaku Waka Humas, dalam sambutannya berharap seluruh peserta seminar dapat mengetahui dan memahami wawasan tentang APU dan PPT.

Penyampaian materi oleh Dr. H Sudiharto, SH, MH, CRBD, CRBC, CMR, Adv, CM dalam paparannya Perbankan di Indonesia pada masa yang akan datang di blekis dan tidak laku di dunia, konon di Indonesia disebut negara yang paling subur untuk melakukan Pencucian Uang. Apa itu Pencucian Uang?

Pencucian Uang (Money Laundry) adalah perbuatan menempatkan, mentransfer, membayarkan, membelanjakan, menghibahkan, menyumbangkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, menukarkan atau harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana dengan maksud menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan sehingga seolah-olah menjadi harta kekayaan yang sah.

Secara singkatnya Pencucian Uang (Money Laundry) adalah menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan yang berasal dari tindak kejahatan atau pidana yang di tempatkan di lembaga keuangan khususnya di perbankan dan sewaktu-waktu diambil seolah-olah menjadi harta kekayaan yang sah.

“Lembaga keuangan menjadi salah satu alat penitipan uang hasil kejahatan atau Pencucian Uang (Money Laundry)” ungkapnya,

Selain Pencucian Uang (Money Laundry) ada juga sumber kejahatan yang terjadi di Indonesia yaitu Pendanaan Terorisme. Apa itu Pendanaan Terorisme?

Pendanaan Terorisme adalah segala perbuatan dalam rangka menyediakan, mengumpulkan, memberikan atau meminjamkan dana dengan maksud untuk kegiatan kejahatan.

“Pendanaan Terorisme tidak selalu berasal dari dana hasil tindak kejahatan namun bisa juga berasal dari dana yang sah, maksudnya dana yang sah yaitu dana milik sendiri namun ada tujuan untuk menggunakan dana tersebut untuk hal kejahatan (Terorisme) di kemudian hari” ungkapnya,

Tidak hanya itu Pendanaan Terorisme bisa dilakukan melalui orang yang tidak memiliki rekening di bank, menyetorkan dana ke rekening salah satu nasabah kemudian dana digunakan untuk kegiatan teror.

Dr. H Sudiharto, SH, MH, CRBD, CRBC, CMR, Adv, CM menyampaikan kepada seluruh peseta seminar untuk mewasdai dan mengantisipasi terkait Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme.

Kegiatan berjalan dengan lancar ditandai dengan antusiasme dan partisipasi peserta seminar. Peserta seminar juga memperoleh sertifikat dari IPENDA (Institut Pendapatan Daerah) fungsi sertifikat ini memudahkan peserta untuk mendaftar pekerjaan dan memperoleh nilai lebih saat mendaftarkan diri di lembaga keuangan.

Kegiatan ini ditutup oleh Muji Slamet, M.Pd beliau mengharapkan seluruh peserta dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan tentang Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT).

 

 

 

Author

Syaifull Rully

Guru Bahasa Inggris, Seni Budaya, Dasar Desain Grafis, dan Sistem Komputer. Pembina Paduan Suara, Admin Web dan Media Publikasi SMK Tamtama Karanganyar.

Comments

Tinggalkan Komentar