Launching Laboratorium Fiber Optik

Sabtu, 07 Maret 2020 11:41 426 Fajar Bayu Pendidikan


"Lab Fiber Optik SMKTamtamaKa diersmikan Oleh Kepala Cabang Dinas"


Karanganyar (StamkaDigitalJournalism) – SMK Tamtama Karanganyar, Kebumen melaunching Laboratorium Fiber Optik (FO) yang pertama kalinya di Kebumen. Laboratorium yang bekerjasama dengan PT Telkom Witel Wilayah Magelang tersebut diresmikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah IX Jateng Dwi Yuliati Mulyaningsih, Kamis 5 Maret 2020.Dalam acara itu juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Kepala SMK Tamtama Karanganyar Susilo Utomo S.Pd. dengan General Manager PT Telkom Wilayah Magelang M Arif Hidayat ST. MoU disaksikan oleh Kepala Telkom Daerah Kebumen Suhadi Rusdiantoro ST, Sales 1 Telkom Devisi Business Service Jakarta Dida Rachma Wandyati dan Manager Enterprise Government Business Service Telkom Wilayah Magelang Retno Yulistyawati ST.

 

 

Kali ini Kepala SMK Tamtama Karanganyar Susilo Utomo, S.Pd. menjelaskan bahwa laboratorium itu merupakan kerjasama dengan PT Telkom dalam pembukaan bengkel Teknik Instalasi Fiber Optic (TIFO). Laboratorium dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang yang sesuai dengan standar sertifikasi TIFO. Melalui laboratorium itu nantinya seluruh peserta didik memulai pembelajaran menggunakan serat optik untuk instalasi jaringan.“Peresmian laboratorium kali ini merupakan bagian dari revitalisasi sekolah. Yakni revitalisasi sarana prasarana, revitalisasi tenaga pendidik karena para guru harus mengikuti diklat terlebih dahulu, dan ujungnya adalah revitalisasi standar kompetensi lulusan.” ujar Susilo Utomo, S.Pd. di sela-sela acara. Dengan adanya laboratorium ini, pihaknya akan membekali para peserta didik untuk kompetensi ke depan. Karena dunia telekomunikasi menggunakan fiber optik sehingga para peserta didik jangan sampai ketinggalan untuk menangkap ini.

Bapak Susilo Utomo, S.Pd. menambahkan, Sebagaimana di cermati pada era modern saat ini, dimana program pemerintah yang menggalangkan wajib belajar bagi seluruh anak-anak di Indonesia dengan memprioritaskan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), sebagai sarana pendidikan yang berbasis Kompetensi dengan tujuan menghasilkan peserta didik yang siap bekerja dan dapat membuka lapangan kerja (memiliki jiwa wirausaha). Berbagai respon dan persepsi masyarakat menggambarkan SMK diera sekarang ini cenderung hampir mirip dengan Strata pendidikan Menengah lainnya dari segi pola pembelajaran. General Manager PT Telkom Wilayah Magelang M Arif Hidayat ST menambahkan PT Telkom bekerjasama dengan SMK Tamtama dalam membangun laboratorium fiber optik kemudian menerapkan kurikulum yang menjadi pengajaran di Lab FO. Pihaknya juga menghubungkan internet di SMK Tamtama Karanganyar, Kebumen.“Kerjasama ini sebagai bentuk tanggung jawab komunal kami sebagai pengelola industri kepada SMK Tamtama. Kami berharap kerjasama ini berlangsung terus menerus dan semakin memajukan SMK Tamtama Karanganyar,” ujarnya seraya memuji SMK Tamtama Karanganyar yang telah berkecimpung dan menghasilkan sesuatu yang berarti yang dibutuhkan oleh masyarakat." ujar General Manager PT Telkom Wilayah Magelang M Arif Hidayat ST.

Senada, Pengawas SMK Bapak Warjan mendorong SMK Tamtama Karanganyar menjadi pioner di Kebumen dan segera diikuti sekolah-sekolah yang lain. Hal ini untuk memberikan jawaban atas tuntutan revolusi industri 4.0 yang harus segera diwujudkan jika SMK ingin lulusannya siap masuk ke dunia industri. “Menurut saya SMK Tamtama Karanganyar merupakan satu-satunya SMK di Kebumen yang mampu mengimplementasikan Internet Of Thing (IOT) seperti membuat tempat sampah pintar, remote motor anti begal, power bank yang dibuat dari baterai laptop bekas,” tandasnya. Bapak Susilo Utomo, S.Pd. menambahkan, pihaknya mengembangkan pembelajaran produk-produk Internet Of Thing (IOT). Saat ini sudah terdapat sekitar 20 produk. Dari jumlah itu ada sekitar enam produk yang sudah dipasarkan. Yakni tempat sampah pintar, smart switch, powerbank berbahan baku bekas baterai laptop, remot motor anti begal dan pengukur tinggi badan.

“Kami berharap sekolah SMK Tamtama Karanganyar tambah maju, kompetensi lulusan tambah bagus sehingga keterserapan mereka di dunia kerja semakin tinggi.” tandasnya.

Author

Fajar Bayu

Guru Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan, Pembina Ekstrakurikuler PKS dan Bola Basket, Content maker web smktamtamaka.

Comments

Tinggalkan Komentar