SMKTamtamaKa Berbagi Takjil Ramadhan

Senin, 17 Mei 2021 10:40 118 Syaifull Rully kesiswaan


"Pengurus OSIS SMK Tamtama Karanganyar membagikan Takjil Gratis"


     Jumat, 30 April 2021 OSIS SMK TAMTAMA KARANGANYAR mengadakan TAMBERJIL YAITU pembagian takjil gratis yang akan dibagikan kepada warga sekitar SMK TAMTAMA KARANGANYAR. Salah satu menu yang dibagikan kepada warga yaitu ES Kuwut, anak-anak Osis membuat Es Kuwut sekitar 300 cup. Tentunya kegiatan pembagian takjil ini di lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebelum memasuki area sekolah, para pengurus dan juga Pembina di anjurkan untuk mematuhi protokol Kesehatan di antaranya memakai masker, mencuci tangan, dan melakukan pengecekan suhu.

     Persiapan alat dan bahan di mulai dari jam 11.00  WIB. Pertama-tama bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Kuwut yaitu : timun suri, biji selasih, sirup Indofood rasa melon, lemon, air gula, air mineral, es batu. Ada pun alat yang di perlukan yaitu : pisau, baskom, sendok sayur,sendo makan, parutan keju, talenan, sealer, termos es, palu, dan cup plastik.

     Setelah alat dan bahan selesai telah selesai di persiapkan , lanjut proses pembuatan. Pada jam 12.30 timun suri di cuci, dipotong, dan diparut menggunakan parutan keju.  Kemudian hancurkan es batu menggunakan palu, lalu masukan ke dalam termos es sebelum di masukan ke dalam cup. Setelah itu, potonglah lemon untuk memudahkan lemon di peras. Setelah diperas kemudian lemon diparut, Kemudian campurkan sirup indofood rasa melon dengan air perasaan lemon.

      Selanjutnya mulai lah untuk memasukan potongan timun suri kedalam cup. Kemudian, masukan 1 sendok makan biji selasih ke dalam cup, sebelum digunakan untuk membuat es biji selasih terlebih dahulu direndam dengan menggunakan air panas. Dan jangan lupa untuk memasukan larutan air gula 3 sendok makan ke dalam cup. Tambahkan es batu secukupnya dan tuangkan air sirup ke dalam cup yang telah di isi timun suri dan di campur lemon. Tahap terakhir tutup cup es tersebut menggunakan mesin sealer. Seluruh kegiatan membuat es kuwut dibantu oleh ibu Etikawati.

     Setelah semuanya selesai di persiapkan kami melakukan pembagian takjil di area sekitar SMK Tamtama Karanganyar.  Takjil ini di bagikan kepada warga di sekitar dan para pengendaraan motor/ mobil yang melintas di depan SMK TAMTAMA KARANGANYAR.

 

Author

Syaifull Rully

Guru Bahasa Inggris, Seni Budaya, Dasar Desain Grafis, dan Sistem Komputer. Pembina Paduan Suara, Admin Web dan Media Publikasi SMK Tamtama Karanganyar.

Comments

Tinggalkan Komentar